Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ledakan di Lebanon, Kemlu Pastikan Bantu Logistik WNI di Beirut Rahel Narda Chaterine



Jumat, 07 Agu 2020 13:11 WIB
Menlu Retno Marsudi (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan rasa belasungkawa terhadap ledakan di Beirut, Lebanon. Menurutnya, Presiden Joko Widodo juga telah menyampaikan rasa belasungkawa atas kejadian yang menimpa masyarakat Lebanon.

"Pemerintah Indonesia telah menyampaikan simpati dan belasungkawa kepada masyarakat dan pemerintah Lebanon. Hal ini juga telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Saya juga telah melakukan percakapan telepon dengan Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Lebanon untuk menyampaikan dukacita dan simpati yang mendalam," kata Retno dalam telekonferensi pada Jumat (7/8/2020).

Retno mengatakan Indonesia pun turut berduka atas kejadian yang menimpa masyarakat Lebanon. Menurutnya, pasukan asal Indonesia yang tergabung dalam United Nation Interim Force in Lebanon (UNIFIL) pun ikut membantu proses evakuasi korban pasca-ledakan.

"Indonesia menyampaikan solidaritas dengan masyarakat Lebanon dalam menghadapi masa sulit ini dan pasukan kontingen Garuda di bawah UNIFIL juga telah membantu proses evakuasi korban segera setelah ledakan terjadi," ujar Retno

Lebih lanjut Retno mengatakan KBRI Beirut akan terus memberikan bantuan logistik guna meringankan beban bagi WNI di sana. Hingga saat ini, kata Retno, pemberian bantuan logistik sudah diberikan kepada 160 WNI di Beirut.

"Untuk membantu meringankan beban WNI di Beirut pasca ledakan dan juga dalam menghadapi pandemi COVID-19, KBRI Beirut akan terus melanjutkan pemberian bantuan logistik. Hingga saat ini KBRI Beirut telah memberikan bantuan logistik sebanyak dua kali bagi 160 WNI kelompok rentan, utamanya adalah saudara-saudara kita pekerja migran," tuturnya.

Selain itu, Retno memberikan informasi terkait kondisi WNI berinisial NNE yang menjadi korban dalam ledakan itu. Dia mengatakan kondisi NNE sudah stabil.

"Satu warga Negara Indonesia dengan inisial NNE mengalami luka ringan akibat ledakan tersebut yang bersangkutan telah mendapatkan pengobatan dan saat ini kondisinya stabil. Staf KBRI Beirut telah mengunjungi beliau di rumahnya dan akan terus melakukan pendampingan kepada WNI tersebut selama proses pemulihan," ucap Retno.

Diketahui sebelumnya, ledakan besar yang terjadi di Pelabuhan Beirut, Lebanon, dirasakan hingga seberang lautan. Warga di Siprus, yang terpisah lautan dengan Lebanon, mengaku merasakan getaran dari ledakan di Lebanon itu.

1 komentar untuk "Ledakan di Lebanon, Kemlu Pastikan Bantu Logistik WNI di Beirut Rahel Narda Chaterine"

  1. pemerintah pastikan akan memberikan bantuan kepada warga korban ledakan di lebanon

    BalasHapus